PERSPEKTIF PHYLOGENESIS DAN ONTOGENESIS DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ASPEK SEJARAH MATEMATIKA
Kata Kunci:
Sejarah Matematika, Ontogenesis, FilogenesisAbstrak
Sejarah matematika membahas aspek sejarah konsep matematika sejak awal mulanya penampilan dan perkembangan selama berabad-abad. Memahami latar belakang mengapa konsep tertentu muncul dalam matematika, suatu inovasi dalam proses belajar mengajar materi dapat dikembangkan. Aspek sejarah konsep matematika dapat digunakan sebagai kegiatan penemuan kembali yang dipandu agar anak-anak dapat mempelajari konsep tersebut. Ide ini sejalan dengan apa yang tercantum dalam kurikulum 2013. Namun untuk diterapkan dalam kurikulum 2013, tidak ada kerangka kerja layak yang dapat digunakan untuk mengerjakannya. Salah satu perspektif yang bisa digunakan dalam implementasi ini adalah filogenensis dan entogenesis per spective. Dalam makalah ini adiskusi tentang bagaimana filogenesis dan ontogenesis dapat digunakan untuk mengimplementasikan sejarah dalam pengajaran matematika akan disajikan. Selain itu, contoh bagaimana sebuah sejarah dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran yang disediakan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.