http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/issue/feed SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan 2025-05-14T13:10:10+07:00 LPPM Universitas Pawyatan Daha jurnal@updkediri.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal SUBSET</strong> adalah sebuah jurnal dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pawyatan Daha yang berisi tulisan ilmiah yang membahas berbagai aspek dari pendidikan matematika. Seperti teori belajar, metode mengajar, strategi pembelajaran yang efektif, dan lain sebagainya. <strong>Jurnal SUBSET</strong> juga berisi hasil penelitian atau studi kasus tentang pendidikan matematika, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika.</p> http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/137 ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS 2025-05-14T13:10:10+07:00 Hani Tiara Mayani HaniTiaraMayani111@gmail.com Dita Pramudika ditapramudika311@gmail.com <p>Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan calon guru dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan komunikasi tertulis matematis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang berada di semester 2 dan mengambil 3 orang sebagai subjek penelitian dengan kriteria kemampuan komunikasi tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Tes komunikasi tertulis matematis diberikan dalam bentuk uraian di mana setiap pertanyaan memuat satu indikator komunikasi matematis tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahannya adalah: rendahnya pengetahuan tentang konsep prasyarat, kurangnya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal, lemahnya imajinasi dalam menghubungkan pernyataan, dan rendahnya kemampuan dalam melakukan perhitungan.</p> 2024-11-15T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/136 ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS 2025-05-14T13:02:18+07:00 Crisna Gusti Firmansya crisnafirmansya05@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi teorema pythagoras dengan pengkategorian tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan memilih kelas VIII sebanyak 5 orang sebagai subjek penelitian. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 4 butir soal tes tertulis pada subjek terpilih. Hasil penelitian ini menunjukan klasifikasi kemampuan&nbsp; penalaran&nbsp; matematis&nbsp; siswa&nbsp; diperoleh&nbsp; pada&nbsp; indikator&nbsp; membuat generalisasi untuk memperkirakan jawaban dan proses solusi tergolong kategori rendah;&nbsp; pada&nbsp; indikator&nbsp; melakukan&nbsp; manipulasi&nbsp; matematika&nbsp; tergolong&nbsp; kategori sangat&nbsp; rendah;&nbsp; pada&nbsp; indikator&nbsp; menggunakan&nbsp; pola&nbsp; dan&nbsp; hubungan&nbsp; untuk menganalisis situasi matematika&nbsp; tergolong kategori rendah; dan pada indikator penalaran&nbsp; menarik&nbsp; kesimpulan&nbsp; masuk&nbsp; dalam&nbsp; kategori&nbsp; sangat&nbsp; rendah.&nbsp; Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa masuk dalam kriteria rendah.</p> 2024-11-15T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan