PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA
Kata Kunci:
realistic mathematic education, hasil belajar, barisan dan deret aritmetikaAbstrak
Tujuan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) adalah sebagai alternatif pemecahan masalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Melalui pendekatan pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII–F SMP Al Huda Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah teknik penilaian tes berupa soal evaluasi dan non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dari penerapan pendekatan RME dapat disimpulkan: (1) Proses pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan pada siklus II dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa berada dalam kategori baik, dimana aktivitas guru 89,28% dan aktivitas siswa 83,30%. (2) Adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa selama dua siklus, yaitu ditandai dengan siklus I mempunyai nilai rata-rata hasil belajar 55,89 dengan ketuntasan klasikal 35,71%. Sedangkan siklus II mempunyai nilai rata-rata hasil belajar 80,00 dengan ketuntasan klasikal 92,86%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.