PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI TIRULOR 1
Kata Kunci:
Media Gambar, Kemampuam Menghitung, Penjumlahan dan penguranganAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas II SD Negeri Tirulor 1 Kecamatan Gurah, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian quasi eksperimen, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode eksperimen (eksperimental reaserch) dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh suatu perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari pengunaan media gambar terhadap kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika siswa kelas II SD Negeri Tirulor 1 Kecamatan Gurah, yang mana dapat dilihat dari hasil perhitungan skor rata-rata angket yaitu 25,625 dengan standar deviasi 3,11 dan simpangan baku 9,6721. Sedangkan skor rata-rata lembar observasi kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan Matematika siswa yaitu 46,375 dengan standar deviasi 4,63 dan simpangan baku 21,4369.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.