PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA KELAS VII MTs MANBA'UL ULUM

Penulis

  • Najmatul Falahiyah
  • Nita Fatma Fauziah Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

peningkatkan hasil belajar matematika, bangun datar, pembelajaran kooperatif, STAD

Abstrak

Matematika adalah pelajaran yang selalu ada di setiap jenjang pendidikan dan bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan kehidupan dan dunia yang selalu berkembang melalui latihan bertindak atas pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efisien. Berdasarkan hasil refleksi peneliti di kelas VII MTs. Manba'ul Ulum pembelajaran masih jauh dari kata berhasil dan memuaskan. Hal ini salah satunya disebabkan karena proses pembelajaran cenderung berlangsung satu arah, dan akibatnya siswa kurang aktif. Berdasarkan hal tersebut, Peneliti akan melakukan penelitan dengan menggunakan Metode kooperatif STAD (Student Team Achievement Division). Dimana kelas dibagi menjadi beberapa kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 3 – 5 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi luas bangun datar melalui metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil tes evaluasi siswa menunjukkan bahwa Siswa yang memenuhi KKM berjumlah 16 siswa dan siswa yang belum memenuhi KKM sebanyak 4 siswa. Sehingga persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Dengan demikian, hasil belajar ranah kognitif siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil refleksi tersebut, maka pembelajaran matematika kompetensi dasar menghitung luas bangun datar dengan metode kooperatif tipe STAD sudah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023