KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERCIRIKAN PENEMUAN TERBIMBING
Kata Kunci:
lembar kerja siswa, penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis, barisan dan deretAbstrak
Mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan yang valid, praktis, dan efektif adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan pada lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing materi barisan dan deret. Pengembangan lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang melalui tiga tahap, yaitu (1) preliminary research, (2) prototyping phase, dan (3) assessment phase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, kriteria kepraktisan, dan kriteria keefektifan. Dengan demikian lembar kerja siswa yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.