KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI BARISAN DAN DERET MELALUI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERCIRIKAN PENEMUAN TERBIMBING

Penulis

  • Makmun Solehudin Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

lembar kerja siswa, penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis, barisan dan deret

Abstrak

Mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan yang valid, praktis, dan efektif adalah tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan dilakukan pada lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing materi barisan dan deret. Pengembangan lembar kerja siswa bercirikan penemuan terbimbing diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang melalui tiga tahap, yaitu (1) preliminary research, (2) prototyping phase, dan (3) assessment phase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, kriteria kepraktisan, dan kriteria keefektifan. Dengan demikian lembar kerja siswa yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika pada materi barisan dan deret.

Unduhan

Diterbitkan

22-05-2023