KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATERI GEOMETRI
Kata Kunci:
Berpikir Kritis, GeometriAbstrak
Kemampuan berpikir kritis dalam matematika merupakan kemampuan penting yang harus dikuasai oleh Peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemikiran kritis Peserta didik dalam pembelajaran geometri. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang datanya diambil dengan dokumentasi. Jawaban Peserta didik yang digunakan dalam data ini berdasarkan pada pertanyaan berpikir kritis dimana 17 Peserta didik kelas 8 di salah satu sekolah menengah pertama di Kediri terlibat dalam penelitian ini. Instrumen berpikir kritis Peserta didik terdiri dari 6 soal yang memiliki tiga aspek yaitu menganalisis, menilai, dan menyimpulkan yang masing-masing dengan gambar dan tanpa gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek analisis dengan soal bergambar memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan soal tanpa gambar. Begitu pula pada aspek evaluasi dan kesimpulan, data menunjukkan bahwa jawaban Peserta didik lebih baik dengan gambar daripada pertanyaan tanpa gambar. Selanjutnya dari hasil sampel jawaban eksplorasi Peserta didik, diharapkan pembelajaran geometri pada masa yang akan datang dapat memfasilitasi kemampuan berpikir kritis Peserta didik sehingga pembelajaran geometri lebih baik disajikan dengan menggunakan gambar-gambar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.