KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPERASI BILANGAN BULAT
Kata Kunci:
kemampuan penalaran matematis, soal cerita, operasi bilangan bulatAbstrak
Peserta didik SMP pada umumnya kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan ini dapat disebabkan peserta didik belum mampu menggunakan kemampuan penalaran matematis yang dimiliki. Penelitian ini merupakan suatu kajian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik SMP dalam menyelesaikan soal cerita operasi bilangan bulat. Subjek penelitian terdiri dari dua peserta didik yang dipilih dari 29 peserta didik kelas VII-A SMP Al Huda Kota Kediri, masing-masing mewakili kemampuan tinggi dan kemampuan rendah. Penelitian menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Hasil analisis didasarkan pada indikator penalaran matematis, yaitu (1) mengajukan dugaan, (2) membuktikan dugaan, (3) menentukan pola, dan (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi mampu melalui semua indikator penalaran matematis. Sedangkan peserta didik dengan kemampuan rendah hanya mampu melalui satu indikator dari seluruh indikator penalaran matematis.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.