Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Berdasarkan Tahapan Analisis Kesalahan Newman
Kata Kunci:
analisis kesalahan Newman, perbandingan trigonometriAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipe dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan trigonometri berdasarkan tahapan analisis Newman. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatitf. Subjek penelitian adalah 6 siswa dari 33 siswa kelas X-IPS 5 SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung,yang tiap 2 siswa mewakili kelompok berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui tes dan wawancara. Analisis kesalahan Newman terdiri dari 5 tipe kesalahan, yaitu kesalahan membaca,, memahami soal, transformasi, ketrampilan proses dan encoding. Kesalahan yang dilakukan oleh kelompok berkemampuan tinggi adalah kesalahan ketrampilan proses dan encoding ; kesalahan yang dilakukan oleh kelompok berkemampuan sedang adalah kesalahan transformasi dan ketrampilan proses, sedangkan kesalahan kelompok berkemampuan rendah adalah memahami soal, transformasi, ketrampilan proses, dan encoding. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui penyebab tiap kesalahan adalah: kesalahan memahami soal berarti siswa tidak dapat menjelaskan apa yang diketahui dengan tepat; kesalahan transformasi berarti siswa tidak mengetahui dengan baik konsep apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah; kesalahan ketrampilan proses berarti siswa tidak memahami operasi matematika dengan baik, kesalahan encoding saat siswa tidak menuliskan kesimpulan dengan benar. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberi saran untuk : 1) Meningkatkan pemahaman rumus, siswa sebaiknya memahami, tidak sekedar menghafal; 2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam proses penghitungan, siswa sebaiknya banyak mengerjakan latihan soal.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.