LEARNING OBSTACLE PADA PEMBELAJARAN ARITMETIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII

Penulis

  • Kharisma Disti

Kata Kunci:

learning obstacle, aritmetika sosial

Abstrak

Learning obstacle adalah suatu hambatan belajar atau kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui learning obstacle yang dialami siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMPN 1 Ngantang. Tes yang diberikan terdiri dari 4 soal uraian mengenai materi aritmetika sosial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh Tiga learning obstacle yang termasuk dalam ontogenical obstacle dan epistemological obstacle. Learning obstacle tersebut yaitu (1) rendahnya kemampuan siswa dalam menafsirkan soal, (2) siswa belum mampu membuat pemodelan matematika, (3) dan kesalahan siswa dalam melakukan operasi hitung.

Unduhan

Diterbitkan

15-12-2022