PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOPEE INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Yani Dwi Restanti Universitas Pawyatan Daha
  • A. Faiz Fadl Lulloh Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

Citra merek, Harga, promosi, Keputusan pembelian online

Abstrak

Penelitian dilakukan  untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk onlin Shopee di masa pandemo COVID-19. Penelitian dilakukan di lingkungan Universitas Pawyatan Daha, pada semua prodi yaitu mahasiswa semester 3, 5, dan 7. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik  regresi linier berganda. Hasil analisis data diketahui bahwa dari 100 responden terbanyak yang menggunakan aplikasi Shopee di Universitas Pawyatan Daha berumur berkisar 22 sampai dengan 25 tahun sebesar 58%. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa masing-masing variabel independen yang terdiri dari Citra Merek (Sig.t=0,000) dengan kontribusi variabel X1 ke Y sebesar 0,279, Harga (Sig.t=0,000) dengan kontribusi variabel X2 ke Y sebesar 0,364, Promosi (Sig.t=0,002) dengan kontribusi variabel X3 ke Y sebesar 0,282 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen Keputusan Pembelian karena masing-masing variabel tersebut memiliki Sig.t < α (α = 0,05) hal ini dibuktikan dengan nilai R2 0,548. Kesimpulan dari penelitian ini adalah citra merek, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk online di Shopee.

Unduhan

Diterbitkan

14-05-2024