JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba <div class="description"> <p><strong>JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi)</strong> adalah sebuah jurnal yang dipublikasikan di Universitas Pawyatan Daha untuk mahasiswa dan juga masyarakat umum. JUMBA memuat berbagai artikel dengan kategori keilmuan Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi.</p> </div> id-ID jumbajurnal@gmail.com (JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Manajemen)) alfianhudanlaksana@updkediri (Alfian Hudan Laksana) Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MENELAAH DINAMIKA EKSPOR INDONESIA KE NEGARA-NEGARA ANGGOTA REGIONAL COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNESHIP http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/61 <p>Artikel ini mengkaji dinamika ekspor Indonesia ke negara-negara anggota RCEP dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Isi dari jurnal ini Menggambarkan bahwa dinamika ekspor Indonesia ke negara-negara anggota RCEP sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota RCEP, permintaan produk Indonesia di negara-negara anggota RCEP, daya saing produk Indonesia di negara-negara anggota RCEP, kebijakan perdagangan negara-negara anggota RCEP, infrastruktur dan logistik di Indonesia,&nbsp; dan iklim investasi di Indonesia. Telah ditemukan bahwa implementasi perjanjian RCEP telah berdampak positif terhadap dinamika ekspor Indonesia ke negara-negara anggota RCEP. Perjanjian RCEP telah menurunkan tarif dan hambatan perdagangan lainnya antara Indonesia dan negara-negara anggota RCEP, yang telah memudahkan eksportir Indonesia untuk menjual produk mereka di negara-negara anggota RCEP. Namun, dalam penelitian juga menemukan bahwa Indonesia menghadapi sejumlah tantangan dalam meningkatkan ekspornya ke negara-negara anggota RCEP. Tantangan-tantangan ini termasuk kurangnya basis manufaktur yang kuat di Indonesia, rendahnya kualitas produk Indonesia, tingginya biaya melakukan bisnis di Indonesia, dan kurangnya tenaga kerja terampil di Indonesia. Artikel ini diakhiri dengan membahas implikasi temuan bagi pembuat kebijakan dan eksportir. Artikel jurnal ini berpendapat bahwa pemerintah Indonesia perlu mengatasi tantangan yang dihadapi oleh eksportir Indonesia untuk lebih meningkatkan ekspornya ke negara-negara anggota RCEP. Serta eksportir perlu meningkatkan kualitas produk mereka, mengurangi biaya melakukan bisnis di Indonesia, dan mengembangkan tenaga kerja terampil.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Katon Wicaksono Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/61 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PRODUK, TARIF JASA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT KOTA KEDIRI http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/62 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara keseluruhan, variabel produk, tarif jasa dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada BPR Kota Kediri.</p> <p>Metode penelitian ini yaitu deskriptif, dimana penelitian deskriptif adalah penelitian yang sifatnya memberi gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat varibel yang diselidiki (Nazir,1999:65) dengan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah pada BPR Kota Kediri.</p> <p>Hasil penelitian ini menggambarkan masyarakat kita masih berpatokan terhadap kualitas pelayanan yang diberkan pihak perbankan seperti : kemampuan dan keterampilan karyawan (X.3.1), ketanggapan dan kecepatan karyawan dalam pemberian informasi dan administrasi (X.3.2), sikap karyawan yang ramah dan sopan (X.3.3)</p> Susetyo Budiharto Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/62 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 KEABSAHAN PERJANJIAN BISNIS YANG DIBUAT OLEH PARA PIHAK BELUM CAKAP HUKUM http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/63 <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p>Tujuan studi ini untuk mengkaji keabsahan perjanjian bisnis yang dilakukan oleh pihak yang belum cakap hukum. Studi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Berdasarkan Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, syarat perjanjian dapat dikatakan sah salah satunya ialah kecakapan. Kecakapan (<em>handelings bekwaamheid</em>) memiliki makna yang erat kaitannya dengan kemampuan seseorang untuk memperhitungkan konsekuensi atau akibat hukum dari perbuatan yang dilakukannya.</p> <p>Dikatakan tidak cakap bertindak menurut hukum menurut Pasal 1330 angka 1 dan 2 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yaitu orang-orang yang belum dewasa dan mereka yang ditaruh di bawah pengampuan. Hasil studi menunjukkan bahwa syarat kecakapan dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata merupakan syarat subjektif, jadi apabila tidak ada pihak yang mengajukan keberatan atau permintaan pembatalan, perjanjian tersebut tetap dianggap mengikat dan sah. Dianggap sah selama para pihak dapat bertanggung jawab terhadap isi perjanjian serta objek dalam perjanjian itu tidak bertentangan dengan norma dan peraturan perundang-undangan.</p> Dhyan Andika Irawan Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/63 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS EFEKTIVITAS KEBIJAKAN TAX AMNESTY DI INDONESIA http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/64 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Artikel ini disusun untuk mendiskripsikan tingkat efektivitas pajak, khususnya penerimaan pajak dan kepatuhan pajak di Indonesia. Dengan metode pendekatan diskriptif melalui analisis sumber-sumber yang berhubungan dengan penerapan <em>tax amnesty</em>, studi menunjukkan bahwa penerapan <em>tax amnesty</em> belum efektif. Pemerintah perlu mencari solusi yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pajak di Indonesia. Perbaikan sistem penerapan pajak serta kebijakan yang tepat akan meningkatkan efektivitas</p> Khoirul anwar Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/64 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PROFESIONALISME TENAGA TATA USAHA TERHADAP PELAKSANAAN ADMINISTRASI KANTOR (Studi Pada Yayasan Pawyatan Daha Kediri) http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/65 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme tenaga tata usaha terhadap pelaksanaan administrasi kantor &nbsp;&nbsp;&nbsp;Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara melakukan penyebaran quesioner untuk memperoleh data yang obyektif. &nbsp;Faktor variabel yaitu profesionalisme dan pelaksanaan administrasi.Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebesar 58 tenaga kerja di Yayasan Pawyatan Daha Kediri. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme tenaga tata usaha berpengaruh terhadap pelaksanaan administrasi kantor.</p> Sri Ari Sumaryati, Nur Dina, Achmad Rofiq Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/65 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) MELALUI ANALISIS SWOT http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/66 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengolahan, pengemasan dan pemasaran sesuai dengan analisis SWOT dari produk kripik singkong di Desa Joho Kec. Wates di mana perlu dilakukan pengembangan dalam beberapa aspek yaitu: peningkatan pngetahuan dan keterampilan sumber daya, peningkatan pengemasan produk, dan pemasaran produk secara online. Sehingga permasalahan yang ada yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan sumber daya hingga pengemasan serta pemasaran produk keripik singkong dapat diberikan solusi. Inovasi cita rasa keripik singkong akan berdampak pada respon daya jual yang tinggi. Hal ini juga didukung dengan memperhatikan kemasan dan berani mencoba rasa-rasa baru supaya terlihat lebih menarik serta rasa yang unik dapat meningkatkan pemasaran daya jual yang lebih tinggi. Karena pengembangan pemasaran perlu melakukan kegiatan penjualan melalui marketplace dan promosi lewat media sosial, dengan tujuan dapat membuat masyarakat luas mengetahui produk yang telah di pasarkan.</p> Miptaqul Rohma, Herlina Helmy Klau, Clara Devy Yulvia Ratna Sary Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/66 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0700 SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN PADA PANTI ASUHAN SUNAN KALIJAGA KOTA MALANG http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/67 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem mutu Akuntansi Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Panti Asuhan Kalijaga Malang.</p> <p>Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan metode Design Based Research dengan langkah sebagai berikut: (1) Identifikasi Masalah (2) Identifikasi Tujuan (3) Penyusunan Desain Produk (4) Uji Desain Produk (5) Evaluasi Hasil Uji Desain Produk (6) Komunikasi Produk. Subjek yang digunakan adalah Panti Asuhan Kalijaga Malang, data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, dan angket. Jawaban angket menggunakan skala likert dengan 5 kategori penilaian (1) sangat tidak Layak, (2) Tidak Layak, (3) Cukup Layak, (4) Layak, (5) Sangat layak. Teknik analisis data menggunakan prosentasesistem mutu diuji oleh dua validator akademisi dan praktisi.</p> <p>Hasil Penelitian ini adalah sistem mutu akuntansi keuangan pada Panti Asuhan Kalijaga Malang dengan spesifikasi sebagai berikut: visi, misi, tujuan, struktur organissasi, diskripsi pekerjaan, kebijakan mutu dan SOP (Standart Operating Prosedure).</p> <p>Keterbatasan dalam penelitian ini adalah ruang lingkup penelitian hanya mencakup Akuntansi Keuangan. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dan pengembangan pada substansi lainnya.</p> Miptaqul Rohma, Jefri Hariono, Herlina Helmy Klau, Clara Devy Yulvia Ratna Sary, Yuli Purwanti Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/67 Tue, 12 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/69 <p>Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Konsumen di Masa Pandemi Covid-19”, jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode inferensial. Sampel penelitian adalah konsumen berdasarkan kriteria yaitu castamer potensial di PT. Matahari Department Store Kediri khususnya pada Brand Osella Kids. Hasil analisis regresi berganda secara parsial dari promosi penjualan (Sig t = 0,019), penjualan pribadi (Sig t = 0,026), publisitas (Sig t = 0,035) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat konsumen karena masing-masing variabel tersebut memiliki Sig t &lt; α (α = 0.05). Secara simultan hasil Sig. F &lt; α (α = 0,05) yaitu sebesar 0,000 &lt; 0,05 variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel minat konsumen (Y) dan ada hubungan yang kuat antara variabel-variabel bebas dengan variabel terikat, dilihat dari nilai R yang diperoleh 0,632. Dari ketiga variabel bebas diketahui variabel penjualan pribadi (X2) merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi Minat konsumen (Y) hal ini dibuktikan dari besranya nilai beta<br>sebesar 0,425.</p> Ahmad Faiz Fadl Lulloh Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/69 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 Strategi UMKM Rangginang Dalam Pengembangan Produk Pada Era Modern di Masa Pandemi Covid-19 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/68 <p>Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi UMKM Rangginang Cap Mawar “KARYA SEJAHTERA KEDIRI” dalam pengembangan produk rangginang pada era modern di masa pandemi covid- 19 dengan metode analisis SWOT (Strength,<br>Weakness, Opportunity, Threat). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan interview kepada pemilik UMKM Rangginang Cap Mawar “KARYA SEJAHTERA KEDIRI”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM “KARYA SEJAHTERA KEDIRI”, pada masa pandemi mengalami penurunan tingkat penjualan, hal ini disebabkan karena kurang optimalnya pemanfaatan media sosial untuk kegiatan pemasaran dan promosi, minimnya pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Saran yang bisa dilakukan untuk peningkatan pemasaran menggunakan dan peningkatkan strategi pengembangan usaha dengan memproduksi rangginang cap mawar yang berkualitas, menambah variasi rasa dan bentuk<br>rengginang, variasi kemasan dan penyajian kemasan dari ukuran kecil, medium dan besar, menjual dengan harga yang sesuai pada posisioning di pasar yaitu pada pasar menengah ke bawah. Menambah promosi penjualan melalui media sosial selain facebook dan instragram yaitu melalui, twitter, youtube dan Market Place.</p> Yani Dwi Restanti Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/68 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/71 <p>Penyusunan perencanaan stategik bisnis baru ini tidak hanya pada perencanaan produk jasa dan pemasarannya tetapi juga manajemen operasionalnya terutama dalam pengelolaan sumber daya manusianya. Penelitian ini bertujuan untuk&nbsp;mengetahui&nbsp;pengaruh perencanaan. Sumber&nbsp;daya&nbsp;manusia&nbsp;terhadap&nbsp;kinerja&nbsp;pegawai. Populasi&nbsp;dalam&nbsp;penelitian&nbsp;ini&nbsp;diambil&nbsp;dari&nbsp;seluruh&nbsp;jumlah pegawai di Mom N Baby SPA sebanyak 18 orang. Perencanaan Sumber daya Manusia sangat berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dan terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Al Fatih Mom N Baby SPA Dan Perencanaan Sumber Daya Al Fatih Mom N Baby SPA.</p> Indra Ari Fitriana, Sri Utami Hanggondosari, Nur Dina, Jefri Hariono Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/71 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 Strategi Penetapan Harga Sewa Gedung Guna Meningkatkan Omzet Sewa Gedung http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/72 <p>Tujuan dari penlitian ini adalah untuk menggambarkan metode penetapan harga yang dipakai oleh Gedung Convention Hall Kabupaten Kediri.</p> <p>Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena analisis datanya berupa wawancara dan observasi langsung untuk informasi dari narasumber.</p> <p>Hasil penelitian adalah penetapan harga sewa yang terlalu tinggi karena kurang tepatnya penggolongan biaya menurut fungsi pokok dari kegiatan perusahaan.</p> Muhammad Fauzi, Wahyuni Sri Astutik, Sri Ari Sumaryati Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/72 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 ANALYSIS OF FINANCIAL AND OPERATING PERFORMANCE BEFORE AND AFTER INITIAL PUBLIC OFFERING OF MINING COMPANIES AT INDONESIAN STOCK EXCHANGE http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/77 <p><em>Public Offering</em> (IPO) merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh tambahan modal yang berguna untuk pengembangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasi perusahaan dan menganalisis keuangan perusahaan sebelum dan sesudah penawaran umum perdana pada perusahaan pertambangan di Bursa Efek Indonesia.&nbsp;</p> <p>Sebanyak 15 perusahaan dari 39 perusahaan pertambangan yang memenuhi syarat sebagai sampel penelitian. Rasio keuangan perusahaan pertambangan yang digunakan sebagai variabel dalam penelitian ini adalah <em>Current Ratio </em>(CR), <em>Debt Ratio</em> (DR), <em>Debt Equity Ratio</em> (DER), <em>Net Profit Margin</em> (NPM), <em>Return on Equity</em> (ROE), <em>Return on Asset</em> (ROA), <em>Cash Flow to Sales</em> (CFS), <em>Cash Flow on Assets</em> (CFA). Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji karena data memiliki distribusi yang tidak normal pada setiap pasangan.</p> <p>Hasil pengujian menunjukkan Variabel CR mengalami perbaikan kinerja sesudah IPO. Variabel DR terjadi penurunan kinerja sesudah IPO. NPM perusahaan mengalami penurunan setelah IPO meskipun di tahun kedua mengalami peningkatan kinerja walau tidak signifikan. CFA mengalami penurunan kinerja setelah IPO. Sedangkan Rasio DER, ROE, ROA dan CFS tidak terjadi perbedaan kinerja sebelum dan sesudah IPO.</p> Pristiwantiyasih Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/77 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700 ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/78 <p>Analisis SWOT terdiri dari analisis aspek produksi, aspek pemasaran, aspek permodalan, dan aspek pengembangan. Dari hasil penelitian yang di peroleh dari budidaya jamur tiram di Desa Ngletih Timur RT. 05 Kec. Kandat perlu untuk dilakukan pengembangan dalam beberapa aspek yaitu: peningkatan pengetahuan dan keterampilan sumber daya, peningkatan pengolahan jamur tiram menjadi cemilan, dan pemasaran produk secara online. Sehingga permasalahan yang ada yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan sumber daya hingga pemasaran budidaya jamur tiram dapat diberikan solusi. Inovasi dari olahan jamur tiram akan berdampak pada respon daya jual yang tinggi. Hal ini juga didukung dengan memperhatikan pemasaran dan berani mengolah bahan jamur tiram menjadi cemilan dengan memberikan berbagai varian rasa supaya terlihat lebih menarik serta rasa yang unik dapat meningkatkan pemasaran daya jual yang lebih tinggi. Karena pengembangan pemasaran perlu melakukan kegiatan penjualan melalui marketplace dan promosi lewat media sosial, dengan tujuan dapat membuat masyarakat luas mengetahui produk yang telah di pasarkan. Beberapa saran yang diajukan oleh penulis untuk penelitian lebih lanjut adalah sebagai berikut: 1. Melakukan penelitian lebih mendalam mengenai budidaya jamur tiram yang ada di Indonesia dan pengaruhnya terhadap UMKM. 2. Diperlukan pendataan UMKM dalam jamur tiram sehingga peneliti lebih mudah mencari informasi terkait data yang akan dibutuhkan.</p> Clara Devy Yulvia Ratna Sary, Miptaqul Rohma Hak Cipta (c) 2023 JUMBA (Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 http://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/jumba/article/view/78 Wed, 15 Nov 2023 00:00:00 +0700