ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENDAPATAN

Studi Kasus Pada UMKM Jamur Tiram di Desa Ngletih Timur RT. 05

Penulis

  • Clara Devy Yulvia Ratna Sary Universitas Pawyatan Daha
  • Miptaqul Rohma Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

pemasaran, umkm

Abstrak

Analisis SWOT terdiri dari analisis aspek produksi, aspek pemasaran, aspek permodalan, dan aspek pengembangan. Dari hasil penelitian yang di peroleh dari budidaya jamur tiram di Desa Ngletih Timur RT. 05 Kec. Kandat perlu untuk dilakukan pengembangan dalam beberapa aspek yaitu: peningkatan pengetahuan dan keterampilan sumber daya, peningkatan pengolahan jamur tiram menjadi cemilan, dan pemasaran produk secara online. Sehingga permasalahan yang ada yaitu kurangnya pengetahuan dan keterampilan sumber daya hingga pemasaran budidaya jamur tiram dapat diberikan solusi. Inovasi dari olahan jamur tiram akan berdampak pada respon daya jual yang tinggi. Hal ini juga didukung dengan memperhatikan pemasaran dan berani mengolah bahan jamur tiram menjadi cemilan dengan memberikan berbagai varian rasa supaya terlihat lebih menarik serta rasa yang unik dapat meningkatkan pemasaran daya jual yang lebih tinggi. Karena pengembangan pemasaran perlu melakukan kegiatan penjualan melalui marketplace dan promosi lewat media sosial, dengan tujuan dapat membuat masyarakat luas mengetahui produk yang telah di pasarkan. Beberapa saran yang diajukan oleh penulis untuk penelitian lebih lanjut adalah sebagai berikut: 1. Melakukan penelitian lebih mendalam mengenai budidaya jamur tiram yang ada di Indonesia dan pengaruhnya terhadap UMKM. 2. Diperlukan pendataan UMKM dalam jamur tiram sehingga peneliti lebih mudah mencari informasi terkait data yang akan dibutuhkan.

Unduhan

Diterbitkan

15-11-2023