Strategi UMKM Rangginang Dalam Pengembangan Produk Pada Era Modern di Masa Pandemi Covid-19

Studi pada UMKM Rangginang “KARYA SEJAHTERA KEDIRI” Cap Mawar Desa Sidomulyo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri

Penulis

  • Yani Dwi Restanti Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

Pasar, strategi pemasaran, Strategi UMKM, Pengembangan Produk, Media Sosial

Abstrak

Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi UMKM Rangginang Cap Mawar “KARYA SEJAHTERA KEDIRI” dalam pengembangan produk rangginang pada era modern di masa pandemi covid- 19 dengan metode analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity, Threat). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data secara observasi dan interview kepada pemilik UMKM Rangginang Cap Mawar “KARYA SEJAHTERA KEDIRI”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM “KARYA SEJAHTERA KEDIRI”, pada masa pandemi mengalami penurunan tingkat penjualan, hal ini disebabkan karena kurang optimalnya pemanfaatan media sosial untuk kegiatan pemasaran dan promosi, minimnya pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Saran yang bisa dilakukan untuk peningkatan pemasaran menggunakan dan peningkatkan strategi pengembangan usaha dengan memproduksi rangginang cap mawar yang berkualitas, menambah variasi rasa dan bentuk
rengginang, variasi kemasan dan penyajian kemasan dari ukuran kecil, medium dan besar, menjual dengan harga yang sesuai pada posisioning di pasar yaitu pada pasar menengah ke bawah. Menambah promosi penjualan melalui media sosial selain facebook dan instragram yaitu melalui, twitter, youtube dan Market Place.

Unduhan

Diterbitkan

15-11-2023