SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN PADA PANTI ASUHAN SUNAN KALIJAGA KOTA MALANG

Penulis

  • Miptaqul Rohma Universitas Pawyatan Daha
  • Jefri Hariono Universitas Pawyatan Daha
  • Herlina Helmy Klau Universitas Pawyatan Daha
  • Clara Devy Yulvia Ratna Sary Universitas Pawyatan Daha
  • Yuli Purwanti Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

sistem informasi akuntansi keuangan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem mutu Akuntansi Keuangan dan Manajemen Sumber Daya Manusia pada Panti Asuhan Kalijaga Malang.

Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan metode Design Based Research dengan langkah sebagai berikut: (1) Identifikasi Masalah (2) Identifikasi Tujuan (3) Penyusunan Desain Produk (4) Uji Desain Produk (5) Evaluasi Hasil Uji Desain Produk (6) Komunikasi Produk. Subjek yang digunakan adalah Panti Asuhan Kalijaga Malang, data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara, dan angket. Jawaban angket menggunakan skala likert dengan 5 kategori penilaian (1) sangat tidak Layak, (2) Tidak Layak, (3) Cukup Layak, (4) Layak, (5) Sangat layak. Teknik analisis data menggunakan prosentasesistem mutu diuji oleh dua validator akademisi dan praktisi.

Hasil Penelitian ini adalah sistem mutu akuntansi keuangan pada Panti Asuhan Kalijaga Malang dengan spesifikasi sebagai berikut: visi, misi, tujuan, struktur organissasi, diskripsi pekerjaan, kebijakan mutu dan SOP (Standart Operating Prosedure).

Keterbatasan dalam penelitian ini adalah ruang lingkup penelitian hanya mencakup Akuntansi Keuangan. Untuk itu, peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dan pengembangan pada substansi lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

12-12-2023