ANALISIS EFISIENSI BIAYA DISTRIBUSI PRODUK UNILEVER TAHUN 2018 - 2020 PADA PT. ARINA MULTIKARYA SURABAYA

Penulis

  • Riyanah
  • Nia Indriana Nikita

Kata Kunci:

biaya, distribusi, bentuk saluran distribusi, penggolongan biaya, distribusi produk

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efisiensi biaya distribusi produk Unilever. Sumber data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis efisiensi. Bahwa biaya distribusi produk Unilever Tahun 2018-2020 PT. Arina Multikarya sudah efisien, dengan penyaluran produk dalam kota yang memiliki nilai efisiensi yang tinggi yaitu pada tahun 2018 dan 2019 adalah 0.04% sedangkan pada tahun 2020 adalah sebesar 0.03% dengan tingkat rata-rata efisiensi yaitu 0.03% dan rata-rata return of infestment sebesar 27.94%, dibandingkan dengan distribusi luar kota yang menggunkan transportasi darat dan distribusi luar kota yang menggunkan transportasi darat dan laut, yaitu tingkat rata-rata efisiensi 0.05% dan rata-rata return of infestment sebesar 19.24% untuk distribusi luar kota yang menggunkan transportasi darat serta 0.04% dan rata-rata return of infestment sebesar 22.61% untuk distribusi luar kota yang menggunkan transportasi darat dan laut.

Unduhan

Diterbitkan

15-11-2022