ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) MITRA RAKYAT BERSAMA KABUPATEN NGANJUK

Penulis

  • Riyanah
  • Arimbi

Kata Kunci:

sistem informasi akuntansi, analisis sistem, akuntansi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem informasi akuntansi terhadap Kinerja Karyawan pada KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini untuk memberikan saran atau rekomendasi kepada KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk tentang sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif.  Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa data kualitatif yang berorientasi pada nalisa data dalam proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang di peroleh dari hasil dokumentasi, wawancara, riset internet, maupun observasi dengan cara mengorganisasikan data, guna memilih data yang penting dan yang akan di pelajari diri sendiri maupun orang lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obsevasi, documenter, riset internet, dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi yang di terapkan di KSP Mitra Rakyat Bersama Kabupaten Nganjuk menggunakan aplikasi berbasis Web, namun ada kesulitan untuk mempelajarinya karena ada beberapa fitur yang cukup sulit untuk di pelajari. Penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap kinerja pegawai.  Hal ini memiliki arti bahwa peningkatan pada efektivitas sistem informasi akuntansi akan meningkatkan pula kinerja karyawan.   Sistem Informasi akuntansi yang diterapkan di KSP Mitra Bersama dapat membantu tugas atau pekerjaan karyawan, sehingga kinerja karyawan dapat meningkat.

Unduhan

Diterbitkan

10-05-2022