KEMAMPUAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSLASI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Kata Kunci:
kemampuan, translasi, pembelajaran berdiferensiasiAbstrak
Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dimaksudkan agar terciptanya pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat berkembang sesuai potensi bakat dan minatnya. Pada kenyataannya pembelajaran berdiferensiasi terutama pada pembelajaran matematika masih terbatas. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dalam menyelesaikan soal materi traslasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Huda Kota Kediri semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, dengan subjek penelitian adalah kelas IX-E sejumlah 28 siswa. Gaya belajar yang digunakan pada saat pembelajaran adalah gaya belajar auditori 20 siswa dan gaya belajar kinestetik 8 siswa. Saat pelaksanaan siklus I, keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi belum begitu terlihat. Namun, pada siklus II, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka yang berbeda-beda. Guru memiliki penguasaan atau pengaruh terhadap empat aspek pembelajaran diferensiasi, yakni materi, cara pembelajaran, hasil yang dicapai, dan lingkungan belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.