https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/issue/feedSUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan2025-08-15T00:31:55+07:00LPPM Universitas Pawyatan Dahajurnal@updkediri.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal SUBSET</strong> adalah sebuah jurnal dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pawyatan Daha yang berisi tulisan ilmiah yang membahas berbagai aspek dari pendidikan matematika. Seperti teori belajar, metode mengajar, strategi pembelajaran yang efektif, dan lain sebagainya. <strong>Jurnal SUBSET</strong> juga berisi hasil penelitian atau studi kasus tentang pendidikan matematika, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika.</p>https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/138ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI FUNGSI2025-05-14T13:44:00+07:00Eva Fauzia Rachma232151019@student.unsil.ac.idHaifa Nurfadhilah Haryono232151035@student.unsil.ac.idNani Ratnaningsihnaniratnaningsih@unsil.ac.id<p>Pemahaman konsep fungsi merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal cerita yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mentransformasi informasi verbal menjadi model matematis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi fungsi, dengan fokus pada proses pemahaman soal, identifikasi variabel, dan penyusunan model fungsi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek dua siswa kelas VIII-A SMPN 1 Sukaraja yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi lembar kerja siswa dari satu butir soal cerita dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami berbagai kesalahan, seperti tidak melibatkan variabel dalam fungsi dan kesalahan dalam menentukan biaya tetap serta variabel. Kesalahan ini menunjukkan adanya miskonsepsi terhadap konsep dasar fungsi serta keterbatasan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang menekankan pada pemahaman konsep, pemodelan matematis, dan keterkaitan dengan konteks dunia nyata. Saran yang diajukan antara lain penerapan pembelajaran berbasis masalah, peningkatan latihan soal cerita kontekstual, serta pemberian umpan balik yang memperbaiki miskonsepsi siswa.</p> <p> </p> <p>Kata-kata kunci: fungsi, soal cerita, kesulitan siswa, representasi matematis, miskonsepsi.</p>2025-05-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapanhttps://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/154ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA: TINJAUAN SISTEMATIS PENELITIAN 2020-20252025-08-15T00:31:55+07:00Shofia Hidayahshofiahidayah@unuja.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis penelitian-penelitian yang membahas kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada periode 2020–2025. Metode yang digunakan adalah <em>systematic literature review</em> dengan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mensintesis temuan dari berbagai artikel yang relevan. Pencarian dilakukan melalui basis data Google Scholar, Scopus, dan Sinta dengan kata kunci “analisis kesalahan siswa”, “soal cerita matematika”, dan “prosedur Newman”, serta dibatasi pada artikel yang dapat diakses secara daring. Hasil kajian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling dominan terjadi pada tahap memahami soal (<em>comprehension</em>) dan mentransformasi ke model matematika (<em>transformation</em>), diikuti kesalahan proses dan penulisan jawaban akhir (<em>encoding</em>). Analisis menggunakan kerangka Newman’s Error Analysis (NEA), Teori Kesalahan Kastolan, dan langkah Polya mengungkap bahwa kelemahan konsep, kesalahan prosedural, keterbatasan literasi matematika dan bahasa, hambatan representasi, serta rendahnya resiliensi matematis menjadi faktor penyebab utama. Temuan ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang menekankan pemahaman soal, keterampilan pemodelan, ketepatan prosedural, dan verifikasi jawaban untuk meminimalkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika.</p>2025-05-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan