https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/issue/feed SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan 2024-01-24T11:01:00+07:00 LPPM Universitas Pawyatan Daha jurnal@updkediri.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal SUBSET</strong> adalah sebuah jurnal dari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pawyatan Daha yang berisi tulisan ilmiah yang membahas berbagai aspek dari pendidikan matematika. Seperti teori belajar, metode mengajar, strategi pembelajaran yang efektif, dan lain sebagainya. <strong>Jurnal SUBSET</strong> juga berisi hasil penelitian atau studi kasus tentang pendidikan matematika, serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan dalam bidang Pendidikan Matematika.</p> https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/76 ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PROSES BERPIKIR MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DI TINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY 2024-01-24T11:01:00+07:00 Feny Eka Nuryanti fenyekacancer@gmail.com <p>Jenis kepribadian Kiersey menunjukkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian Guardian mampu memahami masalah dengan baik, mengalami kesalahan karena tidak melaksanakan tahapan pengecekan kembali. Siswa dengan kepribadian Artisan mengalami kesalahan karena cenderung tergesa-gesa tidak teliti sehingga ketika proses eliminasi siswa salah dalam proses pengurangan. Siswa dengan jenis kepribadian Rasional paling bagus dalam menyelesaikan masalah matematika dibandingkan dengan tipe Guardian dan Artisan. Sedangkan siswa dengan tipe kepribadian Idealis mengalami kesalahan dalam proses pengerjaan atau eliminasi. Siswa dapat menyelesaikan masalah dari tahapan Polya.</p> 2023-11-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/53 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH 2023-10-22T22:36:54+07:00 MAIMUNAH arya17051990@gmail.com <p>Beberapa siswa masih menganggap bahwa matematika menjadi pelajaran yang sulit. Hal ini bisa dikarenakan cara penyampaian guru kurang komunikatif, terkesan kaku dan media yang digunakan dalam pembelajaran masih monoton. Perlu dilakukan pendekatan pemilihan media yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa tingkat SMA/MA dalam mengikuti pembelajaran matematika. Metode penulisan ilmiah yang digunakan adalah <em>literature review</em> secara sistematik, terdiri dari beberapa tahapan diantaranya meliputi penentuan topik penelitian, kemudian penentuan kriteria inklusi yang termasuk dalam klasifikasi analisis isi, setelah itu dilakukan analisis, pengkodean dan validitas, menyajikan dan mensintesis temuan berdasarkan literatur yang relevan. Berdasarkan 20 artikel yang membahas media pembelajaran matematika yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, terdapat 10 artikel yang sesuai dengan keriteria inklusi yaitu media pembelajaran yang diaplikaskan pada tingkat SMA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.&nbsp; Terdapat beberapa jenis media yang dapat digunakan seperti modul, komik, <em>Power Point, Website</em> (baik berupa <em>audio, video</em>, teks, maupun gabungan ketiganya), LKPD, serta <em>puzzl</em><em>e. </em></p> 2023-11-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/73 PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA 2024-01-23T14:21:32+07:00 Edi Purwanto edi91purwanto@gmail.com Kharisma Disti Winsaputri kharismadisti@gmail.com <p>Tujuan penerapan pendekatan <em>Realistic Mathematic Education</em> (RME) adalah sebagai alternatif pemecahan masalah dengan pemilihan metode pembelajaran yang lebih efektif bagi siswa. Melalui pendekatan pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII–F SMP Al Huda Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah teknik penilaian tes berupa soal evaluasi dan non tes berupa lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data dari penerapan pendekatan RME dapat disimpulkan: (1) Proses pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini ditunjukkan pada siklus II dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa berada dalam kategori baik, dimana aktivitas guru 89,28% dan aktivitas siswa 83,30%. (2) Adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa selama dua siklus, yaitu ditandai dengan siklus I mempunyai nilai rata-rata hasil belajar 55,89 dengan ketuntasan klasikal 35,71%. Sedangkan siklus II mempunyai nilai rata-rata hasil belajar 80,00 dengan ketuntasan klasikal 92,86%.</p> 2023-11-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/74 MENINGKATKAN DAYA KONSTRUKTIVITAS BERFIKIR MANDIRI SISWA KELAS VIII MELALUI PEMBELAJARAN GRUP INVESTIGATION MATERI SPLDV 2024-01-23T14:26:59+07:00 Nita Fatma Fauziah nitafauziah830@gmail.com Moh. Zainal Abidin nitafauziah830@gmail.com <p>Proses penerapan pembelajaran pendidikan di sekolah dibutuhkan kesadaran bahwa pengetahuan siswa tidak boleh dibatasi oleh penjelasan dari guru. Siswa harus mampu belajar secara mandiri sehingga daya konstruktivitas berfikir semakin meningkat dalam proses belajarnya dan akhirnya berdampak pada hasil belajar.&nbsp; Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII UPTD SMPN 1 Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi kemandirian siswa, lembar observasi aktivitas guru, angket daya konstruktivitas berfikir mandiri siswa, dan tes evaluasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran grup investigation dapat meningkatkan daya konstruktivitas berfikir siswa, hal ini dapat dilihat dari peningkatan berbagai aspek daya konstruktivitas berfikir, secara kumulatif meningkat dari siklus I hanya 55,88 %, meningkat disiklus ke II mencapai 72,18% (2). Pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran grup investigation dapat meningkatkan kemandirian siswa kelas, hal ini dapat dilihat dari peningkatan berbagai aspek kemandirian, secara kumulatif meningkat dari siklus I hanya&nbsp; 57,28 %, meningkat disiklus ke II mencapai 79,38%.</p> 2023-11-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan https://jurnal.updkediri.ac.id/index.php/subset/article/view/75 KEMAMPUAN SISWA KELAS IX DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSLASI MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI 2024-01-23T14:29:23+07:00 Makmun Solehudin solehudinmakmun@gmail.com M. Qoyum Zuhriawan qoyum@unwaha.ac.id <p>Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dimaksudkan agar terciptanya pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat berkembang sesuai potensi bakat dan minatnya. Pada kenyataannya pembelajaran berdiferensiasi terutama pada pembelajaran matematika masih terbatas. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dalam menyelesaikan soal materi traslasi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Huda Kota Kediri semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024, dengan subjek penelitian adalah kelas IX-E sejumlah 28 siswa. Gaya belajar yang digunakan pada saat pembelajaran adalah gaya belajar auditori 20 siswa dan gaya belajar kinestetik 8 siswa. Saat pelaksanaan siklus I, keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi belum begitu terlihat. Namun, pada siklus II, pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan kebutuhan mereka yang berbeda-beda. Guru memiliki penguasaan atau pengaruh terhadap empat aspek pembelajaran diferensiasi, yakni materi, cara pembelajaran, hasil yang dicapai, dan lingkungan belajar.</p> 2023-11-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan