SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
Kata Kunci:
matematika, motivasi, literature review, siswa SMA, mediaAbstrak
Beberapa siswa masih menganggap bahwa matematika menjadi pelajaran yang sulit. Hal ini bisa dikarenakan cara penyampaian guru kurang komunikatif, terkesan kaku dan media yang digunakan dalam pembelajaran masih monoton. Perlu dilakukan pendekatan pemilihan media yang tepat dalam penyampaian materi pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa tingkat SMA/MA dalam mengikuti pembelajaran matematika. Metode penulisan ilmiah yang digunakan adalah literature review secara sistematik, terdiri dari beberapa tahapan diantaranya meliputi penentuan topik penelitian, kemudian penentuan kriteria inklusi yang termasuk dalam klasifikasi analisis isi, setelah itu dilakukan analisis, pengkodean dan validitas, menyajikan dan mensintesis temuan berdasarkan literatur yang relevan. Berdasarkan 20 artikel yang membahas media pembelajaran matematika yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, terdapat 10 artikel yang sesuai dengan keriteria inklusi yaitu media pembelajaran yang diaplikaskan pada tingkat SMA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Terdapat beberapa jenis media yang dapat digunakan seperti modul, komik, Power Point, Website (baik berupa audio, video, teks, maupun gabungan ketiganya), LKPD, serta puzzle.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.