ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGOPERASIKAN BILANGAN BERPANGKAT PADA OPERASI HITUNG MATEMATIKA DAN SCAFFOLDINGNYA
Kata Kunci:
Bilangan Berpangkat, Operasi Hitung Matematika, Kesalahan SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengoperasikan bilangan berpangkat dalam operasi hitung matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis yang diberikan kepada siswa kelas VIII di SMP Mambaul Hisan Kabupaten Kediri. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal operasi hitung matematika yang melibatkan bilangan berpangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam mengoperasikan bilangan berpangkat. Kesalahan yang paling umum terjadi adalah tidak memahami konsep bilangan berpangkat dan tidak memahami sifat-sifat operasi pangkat seperti aturan perkalian dan pembagian pangkat dengan basis yang sama. Selain sifat pangkat itu siswa juga mengalami kesalahan dalammengubah basis dan menggunakan sifat yang seharusnya dikalikan justru di tambah. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru matematika memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifat operasi pangkat kepada siswa. Selain itu, guru juga dapat memberikan latihan-latihan yang lebih banyak dan beragam untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasikan bilangan berpangkat. Pemberian Scaffolding sangat membantu siswa dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.