ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI FUNGSI

Penulis

  • Eva Fauzia Rachma Universitas Siliwangi
  • Haifa Nurfadhilah Haryono Universitas Siliwangi
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi

Abstrak

Pemahaman konsep fungsi merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal cerita yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam mentransformasi informasi verbal menjadi model matematis yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi fungsi, dengan fokus pada proses pemahaman soal, identifikasi variabel, dan penyusunan model fungsi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek dua siswa kelas VIII-A SMPN 1 Sukaraja yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui dokumentasi lembar kerja siswa dari satu butir soal cerita dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami berbagai kesalahan, seperti tidak melibatkan variabel dalam fungsi dan kesalahan dalam menentukan biaya tetap serta variabel. Kesalahan ini menunjukkan adanya miskonsepsi terhadap konsep dasar fungsi serta keterbatasan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang menekankan pada pemahaman konsep, pemodelan matematis, dan keterkaitan dengan konteks dunia nyata. Saran yang diajukan antara lain penerapan pembelajaran berbasis masalah, peningkatan latihan soal cerita kontekstual, serta pemberian umpan balik yang memperbaiki miskonsepsi siswa.

 

Kata-kata kunci: fungsi, soal cerita, kesulitan siswa, representasi matematis, miskonsepsi.

Unduhan

Diterbitkan

05-05-2025