ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERTULIS
Kata Kunci:
analisis kesalahan geometri, kemampuan komunikasi matematisAbstrak
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan calon guru dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari kemampuan komunikasi tertulis matematis. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang berada di semester 2 dan mengambil 3 orang sebagai subjek penelitian dengan kriteria kemampuan komunikasi tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Tes komunikasi tertulis matematis diberikan dalam bentuk uraian di mana setiap pertanyaan memuat satu indikator komunikasi matematis tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahannya adalah: rendahnya pengetahuan tentang konsep prasyarat, kurangnya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal, lemahnya imajinasi dalam menghubungkan pernyataan, dan rendahnya kemampuan dalam melakukan perhitungan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.