ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS
Kata Kunci:
analisis, kemampuan penalaran matematis, teorema phytagorasAbstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi teorema pythagoras dengan pengkategorian tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan memilih kelas VIII sebanyak 5 orang sebagai subjek penelitian. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 4 butir soal tes tertulis pada subjek terpilih. Hasil penelitian ini menunjukan klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa diperoleh pada indikator membuat generalisasi untuk memperkirakan jawaban dan proses solusi tergolong kategori rendah; pada indikator melakukan manipulasi matematika tergolong kategori sangat rendah; pada indikator menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematika tergolong kategori rendah; dan pada indikator penalaran menarik kesimpulan masuk dalam kategori sangat rendah. Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa masuk dalam kriteria rendah.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.