ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS

Penulis

  • Crisna Gusti Firmansya Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

analisis, kemampuan penalaran matematis, teorema phytagoras

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada materi teorema pythagoras dengan pengkategorian tingkat kemampuan penalaran matematis tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan memilih kelas VIII sebanyak 5 orang sebagai subjek penelitian. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 4 butir soal tes tertulis pada subjek terpilih. Hasil penelitian ini menunjukan klasifikasi kemampuan  penalaran  matematis  siswa  diperoleh  pada  indikator  membuat generalisasi untuk memperkirakan jawaban dan proses solusi tergolong kategori rendah;  pada  indikator  melakukan  manipulasi  matematika  tergolong  kategori sangat  rendah;  pada  indikator  menggunakan  pola  dan  hubungan  untuk menganalisis situasi matematika  tergolong kategori rendah; dan pada indikator penalaran  menarik  kesimpulan  masuk  dalam  kategori  sangat  rendah.  Secara keseluruhan kemampuan penalaran matematis siswa masuk dalam kriteria rendah.

Unduhan

Diterbitkan

15-11-2024