PENINGKATAN MUTU LAYANAN DINAS SOSIAL KABUPATEN KEDIRI

STUDI KASUS PADA SEKTOR PENANGANAN FAKIR MISKIN

Penulis

  • Kiyanun Kisa Universitas Pawyatan Daha
  • Endang Sri Handini Universitas Pawyatan Daha
  • Pandoe Bimowati Universitas Pawyatan Daha

Kata Kunci:

pelayanan, kualitas, dinas sosial, kepuasan masyarakat

Abstrak

Pelayanan publik merupakan aspek penting untuk diperhatikan karena kegiatan dan program yang dilaksanakan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan kepentingan umum. Fokus utama dalam peningkatan pelayanan pemerintahan adalah upaya untuk mempermudah, mempercepat, dan memperpendek birokrasi, serta memastikan transparansi dan kepastian layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang umumnya diterapkan dalam ilmu sosial dan humaniora pada kajian mikro. Teori Servqual dari Zeithaml et al., (1988) digunakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui indikator seperti Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masih banyak aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Dinas Sosial Kabupaten Kediri, khususnya dalam bidang Penanganan Fakir Miskin. Perbaikan yang diperlukan baik pada sarana dan prasarana maupun dalam kinerja pegawai. Peningkatan sarana dan prasarana akan memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada masyarakat, sedangkan evaluasi kinerja pegawai penting untuk meningkatkan motivasi kerja.

Unduhan

Diterbitkan

01-05-2025