ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELASAIKAN SOAL KOMBINATORIK
Kata Kunci:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Kombinatorika, Deskriptif KualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi kombinatorika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini mendeskripsikan hasil dari analisis dalam menyelesaikan soal berdasarkan Indikator kesalahan Newman. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa semester III Pendidikan Matematika di Universitas Pawyatan Daha tahun akademik 2022/2023 . Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian yang dianalisis dengan menggunakan inidkator kesalahan Newman pada materi kombinatorika serta dilakukan wawancara. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa melakukan 1) kesalahan membaca soal rata-rata sebesar 33.33%, yaitu siswa kurang mampu memahami informasi penting yang ada dalam soal, 2) Kesalahan memahami soal kombinatorika rata-ratanya adalah 36.66%, dimana siswa kurang mampu memahami makna dari soal tentang apa yang ditanyakan, 3) Kesalahan Transformasi soal rata-rata sebesar 53.33%, yaitu siswa tidak dapat membuat pemodelan matematika, 4) Kesalahan ketrampilan proses rata-rata sebesar 60%, yaitu siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan, 5) kesalahan penulisan jawaban akhir rata-rata sebesar 66.6%, yaitu siswa kurang tepat dalam menuliskan jawaban akhir.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.