Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika
Kata Kunci:
Generasi Z, Pemahaman, Sejarah MatematikaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman generasi Z terhadap sejarah matematika. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Pawyatan Daha angkatan 2020 dan 2021 yang telah mengambil mata kuliah sejarah matematika. Pemilihan subjek dilakukan dengan metode sampling jenuh, di mana jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi. Sampel yang digunakan masih tergolong generasi Z karena lahir di tahun 1997-2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berisi 20 butir pertanyaan. Dari hasil penelitian menyatakan bahwa sejarah matematika sangat penting untuk diterapkan dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dapat ditunjukkan dengan perolehan persentase ketercapaian indikator pada pertanyaan positif sebesar 75%. Adapun pemahaman sejarah matematika menurut generasi Z yakni 74% dapat menumbuhkan sikap antusiasme, keterampilan dan kepercayaan diri dalam proses pembelajaran, 84% dapat dijadikan strategi dalam proses pembelajaran, 74% menambah motivasi untuk mendalami ilmu matematika, 68% dapat membandingkan matematika dengan teknik masa kuno dan teknik masa kini, 58% dapat mengenal sedikit banyak asal usul matematika dan 84% lebih tahu mengenai tokoh dibalik rumus-rumus yang digunakan dalam matematika. Namun sebanyak 53% generasi Z masih memiliki minat yang rendah terhadap sejarah matematika dan 63% generasi Z memberikan pendapat sejarah matematika tidak mengubah kesan mereka dalam menilai matematika itu menakutkan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 SUBSET - Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.