PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DESA BANGSONGAN KECAMATAN KAYEN KIDUL KABUPATEN KEDIRI

Penulis

  • Yuli Purwanti Universitas Pawyatan Daha
  • Nur Dina
  • Yanto Budi Prasetya
  • Clara Devy Yulvia Ratna Sari
  • Miptaqul Rohma

Kata Kunci:

digital marketing, UMKM, Pasar

Abstrak

Artikel ini merupakan luaran dari hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan digital marketing kepada para pelaku UMKM di desa Bangsongan Kecamatan Kayen kidul kabupaten Kediri yang dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2024. Digital marketing sejatinya merupakan aktivitas promosi baik itu untuk sebuah brand ataupun produk menggunakan media elektronik (digital). Definisi lainnya adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan, Puluhan tahun silam, media digital marketing sangatlah terbatas, sebutlah televisi atau radio yang hanya dapat menyampaikan informasi secara satu arah, dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat serta penerimaan yang cukup luas dari hampir semua lapisan masyarakat, tak ayal membuat model pemasaran digital adalah salah satu channel utama. Pengenalan digital marketing ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan keluarga dengan memperluas pasar. Antusias warga dapat dilihat dari semangat dan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan selama proses pelatihan. 

Kata kunci: digital marketing

 

Unduhan

Diterbitkan

13-11-2024

Terbitan

Bagian

Artikel